Call Us
0818997489 / 081315771287 / 085770111911
Email
pavingbloc@yahoo.com
Penting !!
Pembayaran Cash Sebelum Barang dikirim !
081315771287
0818997489

Cara Menghitung Volume Jumlah Paving Block Per M2

Saturday, June 9th 2018.

Cara Menghitung Volume Kebutuhan Paving Block Per M2

 

cara menghitung volume jumlah paving block per m2

Dalam hal melaksanakan cara menghitung kebutuhan paving block per m2 / meter persegi, yang pertama mesti kita lakukan adalah dengan cara mengetahui jumlah paving block per m2. Biasanya saat RAB paving block dibuat kita telah memiliki gambaran, model dan jenis paving block yang manakah yang nantinya akan kita gunakan. Perlu kita ketahui sebelumnya bahwa setiap type dan motif pavng block memiliki ukuran paving block yang berbeda-beda.

Dipasaran yang paling banyak digunakan yaitu model paving block bata persegi panjang, hexagon segi 6, paving bentuk kotak persegi ubin, dan lain sebagainya. Masing-masing type tersebut memiliki jumlah paving block permeter persegi yang berbeda. Contohnya model bata, jumlah volume per m2 nya yaitu 44 biji paving block. Sedangkan paving block model segi enam memiliki jumlah paving block per m2 sebanyak 27 buah.

Berapakah Jumlah Paving Block Per m2 ?

Antar pabrik paving block juga tidak selalu sama jumlah isi paving block per meter nya. Tergantung desain dan kebijakan masing-masing produsen paving block itu sendiri. Cara termudah dalam menghitung volume kebutuhan paving block per m2 yaitu dengan cara menghitung luasan area yang akan dipasang paving block.

Langkah yang perlu kita lakukan yaitu menghitung panjang dan lebar keliling area tersebut. Sebagai contoh kita akan memasang paving block pada area halaman rumah atau carport. Contoh kasus, yang kita miliki adalah area carport berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang = 5 meter dan lebar = 4 meter. Maka cara menghitung kebutuhan conblock atau paving block per m2 adalah :

Rumus Luas Area = Panjang x Lebar ( 5 m x 4 m )

Maka luas area carport yang akan kita pasang dengan paving block yaitu 20 m2. Sekarang jika kita asumsikan produk yang kita gunakan yaitu paving model persegi panjang (bata) atau paving segi enam, maka jumlah paving block yang kita perlukan yaitu:

  • Paving block model bata = 44 buah x 20 m2 = 880 buah paving block.
  • Paving block jenis hexagon = 27 biji x 20 m2 = 540 biji paving block.

Artikel terkait : Cara Memasang Paving Block Yang Bagus

Dengan demikian kita telah mendapatkan cara menghitung volume paving block untuk halaman carport rumah kita.

Lantas bagaimanakah cara menghitung biaya pemasangan paving block per meter persegi / m2 ? Nantikan pada artikel kami berikutnya.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Cara Menghitung Volume Jumlah Paving Block Per m2 sebagai acuan kita semua dalam membuat RAB paving block. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.

Salam.

ALDA BETON